Pesantren Terbaik di Pekanbaru

5 Pesantren Terbaik di Pekanbaru
Pondok Pesantren Terbaik Di Riau
 

Apakah Anda berencana untuk mengirim putra dan putri Anda ke pesantren dan berencana memilih Pesantren terbaik di Pekanbaru untuk mereka ? Jika ya, sebuah rencana yang tepat bagi orang tua untuk mengirim anaknya bersekolah di pesantren.

Alasan utamanya adalah supaya anak mendapatkan pendidikan agama sejak dini, sehingga terhidar dari kenakalan remaja atau bahkan dari kasus pelanggaran hukum. Tentu saja kota Pekanbaru adalah kota yang tepat, karena tradisi agama di pekanbaru masih sangat kental dan dijunjung tinggi.

Aldakwah.com sudah merangkum untuk Anda daftar pondok pesantren di Pekanbaru Riau, dimulai dari pesantren tahfidz Quran, pesantren modern, dan pesantren teknologi, berikut daftarnya :

1. Pesantren Umar bin khatab Pekanbaru.

Alamat Pesantren :
  • Jl. Garuda Sakti, KM.9 Kampar
  • Jl. Delima Gg. Delima XII No. 16 Kec. Tampan Pekanbaru

Pesantren Umar bin Khatab berfokus pada aspek pendidikan Salafiah dan tahfidz Quran.

Jenjang Program Pendidikan : 

  • Program pendidikan 6 tahun jenjang pertama setingkat SD dengan target hafal 12 Juz serta dibekali pembelajaran ilmu umum untuk UAN.
  • Program Pendidikan Ulya dan Salafiyah Wustho dengan lama pendidikan yaitu 6 tahun dengan tujuan hafal 12 Juz, menguasai membaca kita kuning, serta terdapat juga program kusus tahfidz Quran untuk 30 Juz.


Prestasi Pesantren ini memenangi juara 1 pada lomba membaca kitab setingkat SMA se-Provinsi Riau di tahun 2015-2016, oleh karenanya Aldakwah.com memasukan Pondok Pesantren Umar bin Khatab sebagai salah satu pesantren terbaik di Pekanbaru Riau.

Mengenai biaya masuk pesantren umar bin Khattab Pekanbaru anda dapat langsung mengunjugi situs resminya di http://www.pontren-ubkriau.sch.id/
 
 

2. Pesantren Tahfidz Quran Ummul Quro Pekanbaru.

Alamat Pesantren :
  • Jl. Semangka Kel. Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru

Pesantren Tahfidz Quran Ummul Quro adalah pesantren tahfidz di Pekanbaru.

Jenjang Program Pendidikan : 

  • Menjadi Hafidz Quran selama 6 Tahun (jenjang pertama setingkat SD)
  • Bisa membaca kitab kuning tanpa harokat, dan hafal beberapa hadist pilihan. 
  • Memiliki kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris secara aktif.
 
Terdapat 12 orang didalam 1 kamar, Masjid sudah dipasang Full AC, serta fasilitas nyaman lainnya. Pesantren terbaik di Pekanbaru ini memiliki Biaya Masuk berkisar sebesar 7,5 Juta Rupiah dan setiap bulannya sekitar 990 Ribu Rupiah. 
 
Informasi lebih mendetail, Anda dapat mengunjungi Website Resminya di sini https://www.ponpesummulquro.com/
 

3. Pesantren Ma'had Imam Ibnu Katsir Rumbai.


Alamat Pesantren :
  • Jl Lintas Pekanbaru-Minas Kel. Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Pesantren terbaik di Pekanbaru berikutnya adalah Ibnu Kasir Rumbai..

Jenjang Program Pendidikan : 

  • Menjadi Hafidz Quran selama 6 Tahun (jenjang pertama setingkat SD)
  • Bisa membaca kitab kuning tanpa harokat, dan hafal beberapa hadist pilihan. 
  • Memiliki kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris secara aktif.
 
Pesantren ini memiliki keunggulan dalam segi fasilitas dan kenyamanan untuk para santri, nantinya masing-masing anak akan memiliki ranjang bertingkat, Pembelajaran dilakukan di saung bukan dikelas, karena memang konsep yang diterapan pesantren ini adalah demikian.

Pendidikan Formalnya terdiri dari MTS dan MA. Satu lagi program khusus yaitu kelas khusus persiapan bahasa. Pesantren Ibnu Kasir Rumbai memiliki banyak Ekstrakulikuler diantaranya ada yang berkebun, robotik, berkuda dan masih banyak lagi.
 
Biaya masuk dipesantren ini relatif mahal, untuk MTS sebesar 12 Juta, MA sebesar 15 Juta, I’dad lughowii sebesar 15 Juta.

Bagi Anda yang tertarik mendaftarkan Putra dan Putri anda di salah satu Pesantren Terbaik di Pekanbaru ini anda dapat langsung mengujungi website resminya disini : http://ibnukatsirriau.com/

4. Pesantren Anak Al Kahfi. 


Alamat Pesantren :
  • Jalan Cipta Karya KM.2 Panam Kelurahan Tuah Karya, Kec. Tampan, Pekanbaru..

Pesantren Anak Al Kahfi adalah salah satu pesantren Tahfidz Quran untuk anak-anak di jenjang sekolah dasar.

Program Pendidikannya adalah Tahfidznya berlangsung selama 6 tahun, sesuai dengan jenjang SD. Namun ada syarat khusus untuk memasuki pesantren ini yaitu minimal harus bisa baca Iqra 4 dan sewaktu lulus harus hafal 10 juz.
 
Mulai dari pagi hingga malam hari pendidikan lebih banyak pada kegiatan Tahfidz Quran, Jumlah siswa pada satu kelas yaitu 30 orang. Ketika lulus akan mendapatkan ijazah dan dapat melanjutkan ke SMP.

Biaya Pendidikannya adalah sebesar 5.1 Juta, untuk SPP sebesar 650 ribu. Informasi lengkap Anda dapat mengunjungi situs resminya di http://tahfidzalkahfi.com
 

5. Pesantren Dar El Hikmah.

 

Alamat Pesantren :
  • Manyar Sakti, Simp. Baru, Tampan, Pekanbaru..

Pesantren yang tergolong tua di Provinsi Riau ini memiliki santri mencapai lebih dari 1500 orang. salah satu pesantren terbesar dan terbaik di Pekanbaru.

Jenjang Program Pendidikan :

  • Tsanawiyah memiliki akreditasi A,
  • Aliyah memiliki Akreditasi A dengan 3 jurusan yaitu Sains, Sosial, Religi.
  • SMK jurusan teknik Informatika serta perbankan syariah.
Program Tahfidz empat kelas : 15 juz selama 3 Tahun, 30 Juz selama 6 tahun.

Fasilitas yang dimiliki oleh pesantren Dar El Hikmah ini adalah kelas nyaman dilengkapi dengan Full AC. Pesantren ini memiliki prestasi dalam MTQ tingkat SMP pada tahun 2019 se-Pekanbaru.

Biaya masuk Pondok Pesantren ini adalah 8.9 juta untuk reguler SPP 1.2 Juta, Khusus Tahfidz 9.1 juta dengan SPP 1.4 Juta, anda dapat melihat informasi lengkapnya di website resmi mereka di https://www.deha.sch.id
 
Demikian tadi daftar pesantren terbaik di Pekanbaru, semoga Bermanfaat, Amin.
LihatTutupKomentar