Kata-Kata Bijak Renungan Islami, Penyejuk Hati.

Kata-Kata Bijak Renungan Islami
Kata-Kata Bijak Renungan Islami

 

Kata-Kata Bijak Renungan Islami, Penyejuk Hati. Disaat sendirian kebanyakan orang akan menghabiskan waktu untuk merenungkan diri, beberapa dari kita coba memikirkan kembali yang telah kita kerjakan di dunia ini pasti akan membawa imbas baik dan jelek untuk diri sendiri, karena inilah yang diberi nama dengan roda kehidupan yang selalu berputar-putar, kadang ada bahagia dan juga derita.

Renungan yang mendalam dalam diri kita bisa memberi faedah untuk kestabilan psikologi moral, melepaskan pemikiran yang kalut, kuatir ataupun bersedih sehingga kita mampu untuk mengoreksi diri, dapat bangkit dan tidak mengulang kekeliruan yang serupa untuk ke-2 kalinya.

Sebagai seorang muslim yang memiliki iman, kamu harus menanggapi hadirnya permasalahan dengan arif dan berpikiran secara rasional untuk menyelesaikannya.

Sudah diketahui, kita tidak cuman rasakan kesenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan ini. Ada saatnya permasalahan atau hal yang tidak kita harap tiba mendekati.

Begitupun saat suka dan berbahagia, sebagai seorang muslim perlu merenungkan diri atas kebahagiaan yang sudah diperoleh. Ditambah harta yang berlimpah, keluarga, fisik yang sehat, dan profesi yang sukses  sebagai titipan Tuhan yang harus disyukuri. Janganlah sampai kamu lupa diri, karena di bumi ini semua tidak ada yang kekal.

Bila Kamu tengah merenungkan diri, Berikut kalimat arif renungan Islami mengenai renungan diri, mudah-mudahan bisa menolong mendorong memotivasi kamu dan menentramkan batin dan menyejukan hatimu disaat bermacam masalah tiba. Kamu akan lebih ingat kebesaran Allah. Baca Juga Quotes ikhlas Islami, membuat Hati Teduh & Tenang


Kata-Kata Bijak Renungan Islami 


"Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

 

"Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati."(Ali bin Husein)

 

"Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

 

"Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

"Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

 "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

"Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

"Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

"Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." (Imam Syafii)

"Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." (Aa Gym)

"Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

"Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

 

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

 

"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." (Ali bin Abi Thalib)

 

"Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

 

"Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR. Ahmad)

"Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." (HR. Ahmad)

"Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

"Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)

"Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

"Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." (Nourman Ali Khan)

"Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." (HR. Tirmidzi)

"Segala sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan dari pilihan yang telah kamu buat. Jika kamu menginginkan hasil yang berbeda, buatlah pilihan yang berbeda."

"Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)

"Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

"Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akhirat bergerak membantumu."

"Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga."

"Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

"Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

"Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

 "Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal."

"Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki."

"Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat dan lebih pintar dari yang kamu kira."

"Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut, jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu."

 "Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh."

"Kecuali kamu belajar menghadapi bayan ikhlas hanya akan menyumbatkan terus melihatnya dalam diri orang lain, karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu."

"Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

"Jangan menghabiskan malam tanpa tidur untuk merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok hari."

"Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impian kita karena kita menjalani ketakutan kita."

"Perasaan 'tersinggung' adalah indikator peringatan yang menunjukkan kepadamu ke mana harus mencari ke dalam dirimu untuk masalah yang belum terselesaikan."

"Tidak ada cara menjadi ikhlas kecuali dengan selalu mendekatkan diri pada Allah."

"Saat malam mulai gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui kamu telah melakukan semua yang dapat kamu lakukan untuk hari ini.


"Sepanjang hidup, orang akan membuatmu marah, tidak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Tuhan berurusan dengan hal-hal yang mereka lakukan, karena kebencian di hatimu akan menghabisimu juga."

"Berbahagialah jiwa yang menemukan Allah sebelum menemukan dunia."

"Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika satu di antaranya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan."

"Menghina orang lain tidak pernah menjadi cara untuk mengoreksi mereka. Sebaliknya, itu menyebabkan beberapa kerusakan dan membuktikan bahwa kita membutuhkan bantuan diri kita sendiri."

"Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diri dari apa yang menjauhkanku dari-Mu."

"Apakah jihad itu? Tersenyum di saat yang sulit adalah jihad. Menjaga kesabaran di masa-masa sulit adalah jihad. Berjuang demi kebaikan adalah jihad. Merawat orang tua dengan cara yang penuh kasih adalah jihad. Memaafkan adalah jihad. Jihad bukanlah apa yang media tunjukkan, tetapi apa yang Al-Qur'an katakan untuk diperjuangkan dan diperjuangkan."

"Jangan pernah berpikir bahwa mati syahdah itu mudah. Lidah mengucapkan apa yang ada di dalam hati."

"Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja mata kamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, "Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya."

"Jika Anda ragu-ragu bertanyalah kepada Allah SWT, lakukan Salatul Istikhara"

"Jangan bangga setiap pria menginginkanmu. Barang murah memiliki banyak pembeli, jadilah batu langka yang hanya bisa dibeli oleh orang-orang saleh, menjangkau dan membawamu dalam hubungan halal."

"Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu untuk kita."

"Bersabarlah - Karena apa yang ditulis untukmu ditulis oleh penulis terbesar, yaitu Allah SWT."

"Banyak warna kulit. Satu umat. Tidak ada rasisme dalam Islam."

"Aku berkata kepada Allah, 'Aku benci hidup'. Dia menjawab, 'Siapa yang memintamu untuk mencintai hidup? Cintai Aku dan hidup akan indah'."

"Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah aku rencanakan, tapi aku yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan."

"Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka, kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."

"Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan."

"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu."

"Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. Tetaplah perbaiki diri dan terus berjuang."

"Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar, dan bertahanlah karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

"Betapapun sakitnya kamu. Kamu akan selalu menemukan kenyamanan dengan Allah SWT."

"Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini."

"Bahkan jika dosamu tidak terhitung, rahmat Allah tidak terbatas. Sungguh, Allah mengampuni segala dosa."

"Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini."

"Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan."

"Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diriku dari apa yang menjauhkanku darimu."

"Seorang muslim adalah orang yang tidak menyakiti muslim lainnya dengan lisan dan tangannya."

"Hendaklah lisanmu senantiasa basah dengan banyak berdzikir kepada Allah."

"Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

 "Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah."

"Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."


"Janganlah patah hati jika doamu tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."


"Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."

"Sedekah tidak sama dengan matematika bisa ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."

"Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."

 

"Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

"Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

"Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."

"Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah dan waspadalah terhadap ketakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepada Anda."

"Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."


"Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."


"Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

"Dokter bisa merawatmu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkanmu."

"Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

"Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

"Jika kamu melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa dia memang mencintaimu."

 "Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya." - (Q.S Al-Azhab: 41)

 "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.

"Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." - (Q.S Ali Imran: 159)

"Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." - (Q.S Huud: 114)


105. "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan." - (Q.S An-Nahl: 128)

"Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

."Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." - Ibnu Qayyim

"Bagaimana Anda bisa merasa tidak berharga ketika Allah memberkati Anda dengan Islam."

"Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barangsiapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barang siapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain." - Umar bin Khattab

"Ujian terbesar dari iman adalah ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi kamu masih bisa mengatakan 'Alhamdulillah'."

"Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." - Ibnu Athaillah

"Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

"Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." - Ibnu Abbas

 "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang, tetapi orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

"Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

"Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata: "Jadilah" dan maka akan benar-benar terjadi."

"Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya, hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."

"Perhitungkan dirimu sendiri sebelum kamu diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang." - Umar ibn Al-Khattab.

"Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

 "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

"Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

"Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

 "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

"Betapa indahnya bahwa Allah dengan penuh semangat akan mengampunimu untuk hal-hal yang bahkan tidak dapat kamu ampuni.

"Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah, walau sudah lelah."

 

Sumber : Mvslim,Medium,Quotesofislam
 
LihatTutupKomentar